Jual Beli Laptop – Saat ini laptop sangat berperan penting dalam pekerjaan serta pendidikan, paling utama untuk pegawai kantoran serta pelajar. Banyak pelajar yang memakai laptop selaku sarana dalam mengerjakan tugas, pertemuan kelas ataupun selaku fasilitas buat belajar online.

Dalam berbisnis juga butuh laptop loh! Mencatat barang masuk serta keluar dan laporan keuangan Hal tersebut bisa memudahkan kita dalam berbisnis, terlebih di masa modern ini.

Terdapat sebagian hal yang wajib dicermati dalam membeli serta menjual laptop. Tetapi tenang! Bakal kami bagaikan panduan yang wajib dicermati dalam jual beli laptop yang baik serta aman

Daftar isi

Panduan Membeli Laptop

1. Cari tau Kebutuhanmu

Saat sebelum membeli laptop, cek dahulu kebutuhanmu misal, buat kebutuhan kerja, pelajar, editing ataupun gaming. Banyak sekali brand laptop yang tersebar di Indonesia dengan keunggulan serta kekurangannya masing- masing, semacam Asus, Acer, HP, Lenovo, Axioo, Dell, Apple, dll.

Cek spesifikasi laptop di google, setelah itu cocokkan dengan budget dengan yang kalian miliki. Bila asal membeli serta laptop tersebut tidak cocok dengan kebutuhan maka, kalian bakal rugi sendiri!

2. Cek Keadaan Bodi

Sehabis memastikan laptop yang mau kalian beli, datang langsung ke store terdekat. Cek bodi laptop terlebih dulu, apakah terdapat goresan ataupun retak pada bodinya, bautnya, jika beli yang baru di cek apakah laptop tersebut masih segel ataupun tidak.

Bila kalian tidak dapat maka ajaklah temanmu yang berpengalaman dalam mengecek laptop.

3. Cek Keadaan Layar ataupun LCD

Yakin bila tidak terdapat permasalahan pada bodinya, maka sesi berikutnya yaitu mengecek keadaan Layar ataupun LCD. Cek baik- baik apakah terdapat kerusakan pada layarnya misal spot, bergaris, tompel hitam, layar berbayang, layar hitam, berkedip, retakan pada laptop, dll.

Baca Juga :   6 Tempat Jual Laptop Bekas di Semarang

Cek pula keadaan cahaya pada layarnya, dapat dikurangi ataupun ditambah kecerahan cahayanya. Jangan lupa cek pula pada saat di cas, umumnya saat di charger dapat terjadi pergantian pada layarnya.

4. Cek Keyboard serta Touchpad

Jangan lupa keyboard pula di cek, apa terdapat tombol yang tidak bisa, yang nekan sendiri, macet, ada yang hilang ataupun rusak.

Buat mengetesnya dapat langsung di ketik di teks editor semacam notepad ataupun yang lain ataupun memakai aplikasi tambahan keyboard test( Dapat Offline ataupun Online).

5. Cek Keadaan Baterai serta Charger

Cara mengecek baterai dapat langsung ataupun dengan aplikasi seperti, menyalakan laptop membuka aplikasi berat tujuannya yaitu buat mengecek apakah baterai cepat habis. Dapat juga aplikasi buat mengecek kesehatan baterai.

Buat mengecek charger dapat langsung dipraktekkan pada laptop. Amati apa laptop tersebut baterainya terus meningkat ataupun malah menurun. Cek pula keadaan fisik charger ada yang mengelupas ataupun tidak.

6. Cek Keadaan Hardisk ataupun SSD

Amati apakah harddisk ataupun SSD cocok dengan yang disebutkan penjual. Setelah itu cek kesehatan Hardisk ataupun SSD tersebut dengan aplikasi bawaan laptop Disk Defragment ataupun memakai aplikasi tambahan HDD Sentinel, dll.

7. Cek Socket- socket- nya

Ini yang kerap lupa di cek ialah socket nya berperan dengan baik ataupun tidak semacam, USB port, LAN, VGA port, HDMI port, dll.

8. Cek Webcam

Tentu yang ini pula kerap lupa ya? Kadangkala orang lupa buat mengecek webcam nya. Padahal penting loh, terlebih saat ini sangat diperlukan buat meeting dengan ZOOM ataupun yang lain.

9. Cek Wireless( WIFI) serta Bluetooth( Bila ada)

Walaupun juga laptop masih baru wajib di cek pula ya! Terlebih laptop bekas.

Baca Juga :   10 Rekomendasi Laptop Intel Core i3 Terbaik

Tetapi tidak seluruh laptop mempunyai bluetooth loh, terlebih jenis yang lama. Jadi saat sebelum beli cek terlebih dulu di google supaya tidak salah mengerti dikala membeli laptop.

10. Cek Spesifikasi- nya

Yang terakhir ialah cek spesifikasi- nya. Lucu jika telah bagus seluruh tetapi speknya tidak cocok dengan yang di beli, misal beli yang ram 4 gb nyatanya di cek ram nya 2 gb.

Beli yang core i7 dapatnya core i5, dll.

Panduan Menjual Laptop

1. Menulis Spesifikasi Lengkap

Dikala menjual laptop hendaknya tulis lengkap spesifikasi laptop, jangan dikurangi ataupun ditambah supaya tidak terjadi permasalahan dikala barang terjual

2. Mengupload Gambar Asli

Upload gambar asli laptop tersebut, jangan ambil dari google ataupun sumber yang lain. Yakinkan jelas supaya bisa dilihat pembeli dengan jelas.

3. Tuliskan Detail Kelengkapan serta Keadaan Laptop

Tulis detail lengkap di dalam deskripsi dikala menjual laptop misal terdapat kerusakan ataupun permasalahan pada laptop tersebut. Kelengkapan pula wajib dipaparkan, charger, tas ataupun terdapat surat pembelian jadi nilai plus.

4. Packing Aman serta Kasih garansi

Dikala terjadi transaksi yakinkan jumlah transferan sesuai dengan yang ditetapkan. Packing yang aman serta kasih garansi supaya pembeli lebih tenang saat membeli.

Bersikap jujurlah dalam jual beli laptop supaya terjadi kenyamanan dengan pembeli ataupun penjual sehingga, jual beli jadi aman serta nyaman. Pastikan memberikan kabar yang lengkap, tidak ada kekurangan ataupun kelebihan.

Jika kamu memiliki laptop tidak terpakai dan mau dijual bisa langsung hubungi kami di nomor wa 085333222881, bisa juga melalui website kami di laptopmati.id.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *