Cara Mudah Cek Laptop Bekas atau Baru – Membeli laptop merupakan keputusan yang penting, baik untuk keperluan pribadi maupun profesional. 

Di pasaran, tersedia berbagai pilihan laptop dengan spesifikasi dan harga yang bervariasi. Hal ini dapat membuat Anda bingung dalam memilih laptop yang tepat.

Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan adalah apakah Anda ingin membeli laptop baru atau bekas. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. 

Laptop baru umumnya memiliki performa yang lebih baik dan garansi resmi, namun harganya lebih mahal. 

Laptop bekas, di sisi lain, menawarkan harga yang lebih murah, namun Anda perlu lebih berhati-hati dalam memilihnya untuk memastikan kondisinya masih baik.

Sebelum memutuskan untuk membeli laptop bekas atau baru, ada beberapa cara yang mudah untuk cek laptop yang akan dibeli. Oleh karena itu, simak baik-baik artikel ini karena kita akan membahas secara lengkap tentang cara mudah cek laptop bekas atau baru.

Daftar isi

Memeriksa Fisik Laptop

Memeriksa Fisik Laptop
sumber gambar : Clint Patterson / unsplash.com

Memeriksa kondisi fisik laptop merupakan langkah penting untuk memastikan kondisinya masih baik dan tidak ada kerusakan tersembunyi. 

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memeriksa fisik laptop:

Eksterior

  • Bodi: Periksa bodi laptop untuk melihat apakah ada goresan, retak, atau kerusakan lainnya. Pastikan tidak ada bagian yang longgar atau berderit saat disentuh.
  • Layar: Nyalakan layar laptop dan periksa apakah ada piksel mati, bintik-bintik, atau masalah lainnya. Perhatikan juga kecerahan dan kontras layar.
  • Port dan Konektor: Periksa semua port dan konektor, seperti port USB, HDMI, dan port audio, untuk memastikan kondisinya masih baik dan berfungsi dengan baik. Coba colokkan perangkat lain ke port untuk memastikan port tersebut berfungsi.
  • Engsel Layar: Buka dan tutup layar laptop beberapa kali untuk memastikan engselnya masih kuat dan tidak berderit.

Jual beli dan service laptop mati

wa : 085333222881 website : www.laptopmati.id

Interior

  • Keyboard: Tekan semua tombol keyboard untuk memastikan tombolnya masih berfungsi dengan baik dan tidak lengket. Perhatikan juga apakah ada tombol yang hilang atau rusak.
  • Touchpad: Gunakan touchpad untuk menggerakkan kursor dan klik kanan dan kiri. Pastikan touchpadnya masih responsif dan tidak ada kerusakan pada permukaannya.
  • Baterai: Lepaskan baterai laptop (jika memungkinkan) dan periksa kondisinya. Pastikan tidak ada tonjolan atau kerusakan pada baterai. Jika memungkinkan, periksa juga sisa daya baterai dengan menggunakan software bawaan laptop atau aplikasi pihak ketiga.
Baca Juga :   Cara Jual Beli Laptop Bekas di Toko Terdekat

Menilai Performa Laptop

Menilai Performa Laptop
sumber gambar : Windows / unsplash.com

Memeriksa performa laptop sama pentingnya dengan memeriksa kondisi fisiknya. 

Berikut adalah beberapa cara untuk menilai performa laptop:

Spesifikasi

  • Bandingkan spesifikasi laptop dengan model terbaru: Cari tahu spesifikasi laptop yang ingin Anda beli dan bandingkan dengan model terbaru di pasaran. Pastikan laptop tersebut memiliki spesifikasi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda.
  • Perhatikan prosesor, RAM, penyimpanan, dan kartu grafis: Prosesor, RAM, penyimpanan, dan kartu grafis merupakan komponen penting yang menentukan performa laptop. Pastikan laptop tersebut memiliki prosesor yang cukup kuat, RAM yang cukup besar, penyimpanan yang cukup, dan kartu grafis yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Pastikan laptop memiliki sistem operasi yang kompatibel dengan kebutuhan Anda: Pastikan laptop tersebut memiliki sistem operasi yang kompatibel dengan software dan aplikasi yang ingin Anda gunakan.

Pengujian

  • Jalankan benchmark: Benchmark adalah program yang dapat menguji performa CPU, RAM, dan grafis laptop. Anda dapat mengunduh benchmark gratis dari internet dan menjalankan tes pada laptop yang ingin Anda beli.
  • Coba aplikasi dan program yang sering Anda gunakan: Jalankan aplikasi dan program yang sering Anda gunakan untuk melihat bagaimana performanya di laptop tersebut. Perhatikan apakah laptop tersebut dapat menjalankan aplikasi dengan lancar dan tanpa lag.
  • Perhatikan temperatur laptop saat digunakan: Periksa temperatur laptop saat Anda menjalankan aplikasi atau program yang berat. Pastikan temperatur laptop tidak terlalu panas, karena dapat menyebabkan kerusakan pada komponen internal laptop.

Tips Dalam Membeli Laptop

Tips Aman Membeli Laptop Bekas
sumber gambar : unsplash.com

Membeli laptop merupakan investasi, jadi penting untuk melakukannya dengan bijak. 

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk membantu Anda mendapatkan laptop yang tepat dengan harga yang wajar:

Riset

  • Baca ulasan dan bandingkan harga laptop dari berbagai sumber: Sebelum membeli laptop, luangkan waktu untuk membaca ulasan dan membandingkan harga dari berbagai toko online dan offline. Ini akan membantu Anda mengetahui harga pasaran laptop yang Anda inginkan dan menemukan penawaran terbaik.
  • Tanyakan rekomendasi dari teman atau keluarga yang paham teknologi: Mintalah rekomendasi dari teman atau keluarga yang paham teknologi tentang laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mereka mungkin dapat memberikan saran yang berharga berdasarkan pengalaman mereka sendiri.
  • Pertimbangkan reputasi toko atau penjual laptop: Pastikan Anda membeli laptop dari toko atau penjual yang memiliki reputasi baik. Baca ulasan online tentang toko tersebut dan pastikan mereka menawarkan garansi resmi untuk laptop yang Anda beli.
Baca Juga :   Cara Cek Beli Laptop Bekas

Garansi

  • Pastikan laptop memiliki garansi resmi dari toko atau produsen: Garansi penting untuk melindungi Anda dari kerusakan yang terjadi pada laptop setelah pembelian. Pastikan Anda memahami syarat dan ketentuan garansi sebelum membeli laptop.
  • Perhatikan jangka waktu garansi: Perhatikan jangka waktu garansi yang ditawarkan oleh toko atau produsen. Umumnya, garansi laptop berlaku selama 1 tahun, namun beberapa produsen menawarkan garansi yang lebih lama.

Negosiasi

  • Jangan ragu untuk menawar harga, terutama untuk laptop bekas: Jika Anda membeli laptop bekas, jangan ragu untuk menawar harga. Pertimbangkan kondisi laptop dan harga pasaran saat melakukan negosiasi.
  • Tawar dengan wajar: Negosiasi harga dengan wajar dan profesional. Hindari membuat penawaran yang terlalu rendah.

Selain tips di atas, perhatikan juga hal berikut:

  • Sesuaikan budget Anda: Tentukan budget yang Anda miliki untuk membeli laptop sebelum memulai pencarian. Hal ini akan membantu Anda untuk memilih laptop yang sesuai dengan kemampuan keuangan Anda.
  • Pertimbangkan kebutuhan Anda: Apakah Anda membutuhkan laptop untuk pekerjaan kantor, desain grafis, gaming, atau hanya untuk browsing internet? Kebutuhan Anda akan menentukan spesifikasi laptop yang Anda perlukan.
  • Jangan terpaku pada merek: Ada banyak produsen laptop yang menawarkan produk berkualitas baik. Jangan terpaku pada merek tertentu, namun bandingkan spesifikasi dan harga dari berbagai produsen sebelum membuat keputusan.

Membeli laptop merupakan keputusan yang penting, dan penting untuk memilih laptop yang tepat untuk kebutuhan Anda. 

Dengan mengikuti cara diatas untuk cek laptop yang akan dibeli, baik bekas maupun baru, Anda dapat memilih laptop yang tepat dengan harga yang wajar.

Tempat jual beli dan service laptop mati

Website : www.laptopmati.id

Wa : 085333222881

Instagram : laptopmati.id


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *