Laptop mati total akan sangat mengganggu aktifitas Anda, terlebih saat dibutuhkan untuk keperluan pekerjaan atau tugas. Jangan Panik, mari kita ulas satu persatu penyebab laptop mati  total, bisa jadi masalahnya perlu penanganan serius seperti servis total atau mungkin justru kerusakannya hanya masalah kecil yang mungkin Anda sendiri bisa ganti.

Berikut akan diulas seputar penyebab kerusakan sehingga laptop menjadi mati total.

  1. Adaptor Bermasalah

    Silahkan cek pasokan listrik Anda terlebih dahulu, pastikan listrik tidak bermasalah, bisa dicek stabilizer atau UPS yang digunakan. Jika  tidak ada masalah pada listrik, hubungkan charger ke listrik akan menyelesaikan masalah. Cek lampu indicator pada charger, menyala atau tidak, jika tidak menyala ada kemungkinan kerusakan di adaptor, atau kabel adaptor itu sendiri. Periksalah kabel sambungan ke adaptor, bisa jadi kabel terputus karna kurangnya hati-hati saat pemakaian.

    Untuk mengeceknya bisa coba meminjam charger teman yang memiliki laptop dengan type yang sama. Ini adalah cara termudah untuk memastikan adaptor berfungsi dengan baik atau tidak, karena yang dibutuhkan yaitu adaptor dengan daya yang sesuai untuk laptop. Namun, jika adaptor dan kabel-kabelnya berfungsi dengan normal maka kemungkinan besar permasalahan bisa disebabkan oleh kerusakan pada komponen power.

  2. Baterai Bermasalah

    Baterai laptop menjadi sumber utama daya untuk menghidupkan laptop disaat tidak disambungkan dengan adaptor / charger. Laptop mati total ada kalanya baterai habis total, coba hubungkan laptop dengan adaptor listrik / charger. Baterai yang habis total dayanya akan membutuhkan waktu untuk mengisi kembali supply daya ke baterai, setelah masuk cukup daya baru kemudian laptop bisa dihidupkan.

    Jika perihal diatas sudah dilakukan dan tetap tidak mau menyala,bisa dicoba dengan melepas baterai. Jika setelah dilepas laptop mati total tadi bisa menyala, ada kemungkinan kerusakannya ada pada baterai atau konektor baterai.

    Namun, sudah dilakukan semua dan masih tetap laptop mati total, bisa dicek dengan penjelasan di point 3.

  3. Komponen Power Bermasalah

    Ketika adaptor dalam kondisi baik, namun lampu indicator mati bisa juga periksa socket DC pada laptop. Socket DC pada laptop yang rusak menyebabkan daya listrik tidak bisa masuk / mengalir dengan baik ke komponen pada laptop, sehingga laptop tidak akan bisa menyala dan bahkan baterai laptop pun tidak akan bisa terisi. Penyebabnya bisa jadi socket longgar, cek berulang kali untuk memastikan socket tidak bermasalah dengan melepas dan memasangnya beberapa kali.

    Jika masih tidak mau menyala, ada kemungkinan permasalahan ada pada komponen power. Listrik yang tidak stabil bisa menyebabkan kerusakan pada komponen power.

  4. Mainboards Bermasalah

    Setelah memastikan seluruh komponen, baik mulai dari adaptor/charger, komponen power, baterai, dalam keadaan baik. Maka ada kemungkinan besar rusak pada bagian mainboard (mainboard bermasalah), atau bisa jadi ada kemungkinan korsleting pada komponen di bagian mainboard yang menyebabkan mainboard bermasalah.

    Anda bisa membawa ke tempat servis langganan Anda yang terpercaya atau juga bisa mencoba sendiri dengan melepaskan semua komponen laptop yang mati total seperti hardisk, ram, dll. Masing-masing komponen bersihkan semua dengan baik, termasuk debu-debu yang ada pada mainboard. Kemudian cek ulang apakah mainboard berjalan dengan baik (menyala) ketika komponen lain tidak terpasang (cat: Ram dan monitor juga hardisk tetap terpasang). Jika laptop bisa menyala, kemungkinan ada kerusakan pada komponen lain seperti DVD atau lainnya.

    Sebaliknya, jika mainboard tidak bekerja (tidak menyala) selanjutnya yaitu periksa setiap komponen yang ada pada mainboard, apakah ada yang terbakar pada bagian mainboard. Jika ada, sebaiknya ganti komponen tersebut (bisa bantuan tukang servis) atau dengan melakukan cara termudah, dengan mengganti mainboard yang baru untuk menyelesaikannya.
Baca Juga :   5 Daftar Laptop MSI Terbaik

Demikianlah beberapa penyebab laptop mati total. Jika butuh cepat bisa menghubungi di tempat servis terdekat atau bisa juga dijual dalam kondisi laptop mati total di Laptop Mati. Terimakasih