Cara Mengecek Kondisi Laptop Bekas – Membeli laptop bekas bisa menjadi pilihan cerdas untuk menghemat pengeluaran, terutama bagi pelajar, mahasiswa, atau profesional yang membutuhkan perangkat portabel untuk bekerja atau belajar. 

Namun, di balik harga yang lebih murah, terdapat potensi risiko yang perlu diwaspadai. Tak jarang, laptop bekas memiliki kondisi yang tidak prima, sehingga dapat mengganggu performa dan bahkan menimbulkan kerusakan di kemudian hari.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memahami cara mengecek kondisi laptop bekas dengan cermat sebelum membelinya. 

Untuk meminimalkan risiko dan mendapatkan laptop bekas yang terbaik, Anda perlu memiliki pengetahuan tentang cara mengecek kondisinya. 

Disini anda akan mempelajari cara-cara yang tepat untuk mengecek kondisi laptop bekas yang Anda beli dalam kondisi prima dan siap digunakan.

Daftar isi

Persiapan Sebelum Membeli

Persiapan Sebelum Membeli
sumber gambar : Austin Distel / unsplash.com

Sebelum melangkah lebih jauh dalam proses pembelian laptop bekas, penting untuk melakukan beberapa persiapan agar Anda dapat membuat keputusan yang tepat dan terhindar dari penipuan. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

1. Menentukan Kebutuhan dan Spesifikasi

Langkah pertama adalah menentukan kebutuhan dan spesifikasi laptop yang Anda inginkan. Pertimbangkan untuk apa Anda akan menggunakan laptop tersebut, apakah untuk bekerja, belajar, bermain game, atau hanya untuk browsing internet dan menonton video. 

Hal ini akan membantu Anda menentukan jenis laptop yang tepat, seperti laptop bisnis, laptop gaming, atau laptop multimedia.

Tempat jual beli dan service laptop mati

wa : 085333222881 website : www.laptopmati.id

2. Riset Harga Pasaran

Setelah mengetahui jenis laptop yang Anda inginkan, lakukan riset harga pasaran untuk laptop bekas dengan spesifikasi yang sama. Anda dapat mencari informasi harga di situs web jual beli online, forum laptop, atau toko komputer terpercaya. 

Baca Juga :   Cara Jual Beli Laptop Bekas di Toko Terdekat

Hal ini akan membantu Anda menentukan kisaran harga yang wajar dan terhindar dari harga yang terlalu mahal.

3. Memilih Tempat Pembelian yang Terpercaya

Pilihlah tempat pembelian laptop bekas yang terpercaya, seperti toko komputer offline, situs web jual beli online terpercaya, atau lelang terpercaya. 

Hindari membeli laptop bekas dari penjual perorangan yang tidak dikenal karena risikonya lebih tinggi.

Pemeriksaan Fisik Laptop

Memeriksa Fisik Laptop
sumber gambar : Clint Patterson / unsplash.com

Memeriksa kondisi fisik laptop bekas merupakan langkah krusial untuk memastikan kondisinya secara keseluruhan. 

Berikut poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan:

1. Kondisi Eksterior

  • Body: Perhatikan apakah terdapat goresan, penyok, atau retakan pada body laptop. Pastikan tidak ada kerusakan fisik yang signifikan yang dapat mengganggu struktur laptop.
  • Engsel Layar: Buka dan tutup layar laptop beberapa kali untuk memastikan engselnya berfungsi dengan baik dan tidak terasa longgar.
  • Keyboard: Tekan semua tombol keyboard untuk memastikan semua tombol berfungsi dengan baik dan tidak ada yang lengket atau rusak.
  • Touchpad: Gunakan touchpad untuk menggerakkan kursor dan klik kanan/kiri. Pastikan touchpad responsif dan tidak ada area yang mati.
  • Port: Periksa semua port di laptop, seperti port USB, HDMI, dan port charger. Pastikan port tersebut tidak berkarat atau bengkok dan dapat digunakan dengan baik.
  • Lampu Indikator: Pastikan semua lampu indikator, seperti lampu power, lampu baterai, dan lampu hard disk, berfungsi dengan baik.

2. Layar Laptop

  • Nyalakan layar: Nyalakan layar laptop dan perhatikan apakah ada dead pixel, yaitu titik-titik kecil berwarna hitam atau putih yang selalu muncul di layar.
  • Cek kecerahan: Atur tingkat kecerahan layar ke maksimum dan minimum untuk memastikan kecerahannya merata dan tidak ada bagian yang redup.
  • Periksa warna: Perhatikan apakah warna yang ditampilkan di layar terlihat akurat dan tidak ada distorsi warna.
Baca Juga :   Tips Memilih Laptop Bekas : Memilih Platform & Cek Kondisi

3. Kondisi Baterai

  • Cek kesehatan baterai: Periksa kesehatan baterai dengan menggunakan software bawaan laptop atau aplikasi pihak ketiga. Pastikan kesehatan baterai masih dalam kondisi baik dan dapat bertahan lama.
  • Waktu penggunaan: Tanyakan kepada penjual tentang waktu penggunaan baterai laptop. Jika memungkinkan, coba gunakan laptop selama beberapa menit untuk melihat performa baterainya.
  • Cara pengisian daya: Pastikan laptop dapat mengisi daya dengan baik dan tidak ada masalah pada kabel charger atau port charger.

Pemeriksaan Performa Internal Laptop

Menilai Performa Laptop
sumber gambar : Windows / unsplash.com

Memeriksa kondisi fisik laptop bekas memang penting, namun performa internalnya tak kalah krusial. Mari melangkah lebih dalam untuk memastikan laptop bekas tersebut berfungsi dengan baik.

1. Booting dan Sistem Operasi

  • Nyalakan laptop: Nyalakan laptop dan amati proses booting. Perhatikan apakah proses booting berjalan dengan lancar dan tidak ada pesan kesalahan yang muncul.
  • Masuk ke sistem operasi: Setelah laptop menyala, masuklah ke sistem operasi yang terinstal. Periksa apakah sistem operasi berjalan dengan stabil dan tidak ada crash atau error yang terjadi.

2. Cek Spesifikasi Laptop

  • Buka menu pengaturan sistem: Akses menu pengaturan sistem untuk melihat spesifikasi laptop, seperti jenis prosesor, kapasitas RAM, jenis penyimpanan, dan kartu grafis (jika ada).
  • Bandingkan dengan spesifikasi yang dijanjikan: Bandingkan spesifikasi yang ditampilkan dengan informasi yang diberikan oleh penjual. Pastikan tidak ada ketidaksesuaian yang signifikan.

3. Uji Performa dengan Aplikasi

  • Jalankan aplikasi umum: Buka dan jalankan beberapa aplikasi yang biasa Anda gunakan, seperti web browser, aplikasi office, atau software edit foto/video sederhana. Perhatikan apakah aplikasi tersebut dapat berjalan dengan lancar dan responsif.
  • Tingkatkan beban kerja: Secara bertahap, tingkatkan beban kerja pada laptop dengan membuka beberapa aplikasi sekaligus. Amati apakah laptop mengalami lag atau bahkan macet. Hal ini akan membantu Anda mengetahui kemampuan multitasking laptop tersebut.
Baca Juga :   4 Rekomendasi Laptop Bekas Berkualitas

4. Tes Benchmark (Opsional)

  • Software Benchmark: Untuk analisa yang lebih mendalam, Anda dapat menggunakan software benchmark seperti Cinebench (CPU), Unigine Heaven (GPU), atau CrystalDiskMark (Storage). Software ini akan menjalankan serangkaian tes untuk mengukur performa laptop secara menyeluruh.
  • Bandingkan hasil benchmark: Bandingkan hasil benchmark dengan laptop lain yang memiliki spesifikasi serupa. Hal ini akan memberi gambaran tentang performa laptop bekas tersebut dibandingkan dengan “standar” umumnya.

Membeli laptop bekas memang menawarkan banyak keuntungan, namun penting untuk dilakukan dengan cermat agar terhindar dari penipuan dan mendapatkan laptop yang terbaik. 

Dengan mengikuti panduan lengkap ini, Anda akan memiliki pengetahuan dan cara-cara yang tepat untuk mengecek kondisi laptop bekas secara menyeluruh, mulai dari kondisi fisik hingga performa internalnya.

Tempat jual beli dan service laptop mati

Website : www.laptopmati.id

Wa : 085333222881

Instagram : laptopmati.id


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *