Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri – Menggunakan laptop terus menerus tanpa merawat dengan baik bisa mengakibatkan masalah nantinya dalam laptop. Laptop bukan barang yg awet kalau tidak dirawat, lantaran laptop pula adalah barang elektro yg gampang rusak, apalagi kalau tidak pernah digunakan sama sekali. 

apabila laptop sering dirawat maka laptop pula akan awet, kebalikannya apabila hanya sekedar digunakan saja maka laptop tidak akan awet. 

Biasanya kerusakan yg sering terjadi dalam laptop adalah keyboard yg tidak berfungsi, touchpad rusak, lcd bergaris, usb tidak bisa dipakai, lcd mati sendiri, atau bahkan lcd pecah. Laptop pula kadang tidak mau hidup atau tiba-tiba mati sendiri.

Bagaimana cara mengatasi laptop mati sendiri? apabila laptop mati sendiri jangan disimpan atau dibuang lantaran belum tentu rusaknya fatal. Kenali terlebih dahulu kerusakan yg terdapat dalam laptop, kemudian perbaiki sehingga laptop mampu dipakai kembali.

Daftar isi

Berikut Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

1. Cek Charger & Baterai Laptop

apabila laptop tiba-tiba mati sendiri, yg wajib  kamu lakukan adalah mengecek baterai. Apakah laptop tadi mengalami kehabisan baterai, apabila baterai habis bisa diisi ulang daya menggunakan charger.

Tapi apabila waktu diisi daya masih tidak mau hidup cek apakah charger tadi rusak atau tidak, coba menggunakan charger lain yg mempunyai ampere yg sama. Jika hidup berarti charger wajib  diganti menggunakan yg baru.

2. Cek Komponen Yang Rusak

Laptop mempunyai beberapa komponen yg penting, jika komponen tadi rusak maka laptop tidak mampu menyala atau mati, seperti baterai, ram, processor, heatsink & kipas, motherboard.

Kenali terlebih dahulu komponen mana yg dikira mengalami kerusakan. apabila telah ketemu maka segeralah diganti menggunakan yg baru.

Baca Juga :   5 Tempat Menjual Laptop Bekas

Hati-hati pula waktu menggunakan aplikasi berat yg tidak sesuai dengan kemampuan laptop. apabila laptop memproses data terlalu berat maka akan mengakibatkan mati sendiri. 

Bersihkan pula debu dalam laptop, khususnya di dalam laptop, karena debu bisa membuat kinerja laptop jadi malambat dan membuat rusak.

3. Perbaiki Sistem Operasi

Sistem operasi yg corrupt bisa mengakibatkan laptop mati sendiri. Corrupt tadi terjadi lantaran banyak hal, salah satunya merupakan waktu proses install perangkat lunak yg tidak benar atau tidak kompatibel menggunakan laptopmu.

Kamu mampu mengatasi kasus tadi menggunakan cara menginstal ulang sistem operasi yg kompatibel menggunakan laptop anda menggunakan cara yg benar.

4. Membersihkan Virus

Virus pula bisa mengakibatkan laptop mati sendiri, mempunyai peran yg bisa menciptakan laptop mati sendiri. Virus yg telah ada dengan tingkatan parah bisa membuat laptop panas & mengakibatkan lemot. 

Cara mengatasinya masalah ini adalah memakai anti virus yg berkualitas. Selalu lakukan update anti virus secara terencana buat mencegah virus menyerang lebih lanjut.

5. Dinginkan CPU

Menggunakan laptop dengan sangat lama bisa mengakibatkan cpu panas, apabila laptop panas performanya akan menurun sampai mnyebabkan laptop mati sendiri. Menjalankan aplikasi yg terlalu berat bisa mengakibatkan laptop panas pula.

Cara mengatasinya adalah dengan menambahkan kipas atau fan ekstra buat mengoptimalkan suhu yg terdapat dalam laptop. Juga mengurangi memakai aplikasi yg terlalu berat, sebagai akibatnya laptop mampu berjalan menggunakan baik.

6. Lakukan Perawatan Rutin

Membersihkan laptop pula adalah hal penting supaya laptop tidak mati sendiri. Jika laptop jarang di bersihkan maka akan membuat komponen dalam laptop jadi rusak.

Itulah beberapa saran cara mengatasi laptop mati sendiri. Jangan terburu-buru mengambil keputusan supaya kamu tidak rugi sendiri.

Baca Juga :   Tukar Tambah Laptop di Tangerang

Apabila kamu ingin jual laptop bekas, bisa hubungi kami di nomor wa 085333222881 atau kunjungi situs laptopmati.id.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *