Laptop SSD – Kalian tentu tidak bakal asing mendengar Hard Disk( HDD). Segala data pada laptop ataupun pc mengenakan HDD buat penyimpanan data. Tetapi itu dulu saat ini mayoritas laptop memakai Solid State Drive( SSD).

SSD telah sangat banyak dipakai oleh mayoritas laptop ataupun pc sebagai media media penyimpanan yang baru. Tetapi apa sih yang membedakan laptop HDD dengan laptop SSD? Padahal sama- sama sebagai penyimpanan data.

Buat memudahkan kalian dalam memahami apa perbandingan laptop HDD serta laptop SSD, kali ini kita hendak bantu menjawab permasalahan tersebut. Ayo ikuti terus postingan ini supaya tau perbedaannya.

Daftar isi

Perbedaan SSD dan HDD

1. Dari Segi Komponen

Komponen penyusun data kedua perangkat ini berbeda. SSD memakai flash memory ataupun chip buat menaruh informasi, jadi tidak mempunyai komponen bergerak semacam piringan cakram pada HDD.

Hal tersebut dapat membuat SSD lebih nyaman dari guncangan yang dapat membuat kerusakan komponen serta data kamu. Berbeda dengan HDD, HDD rawan hadapi kerusakan komponen serta kehilangan data. Sebab data HDD tersebar di piringan cakram, saat piringan cakram terkena guncangan data pula hendak berpotensi hadapi kerusakan.

2. Dari Aspek Metode Kerja

Perbandingan yang sangat mencolok pada HDD serta SSD yaitu dari metode proses datanya. SSD memakai flash memory sehingga memproses informasi dengan sistem digital, sebaliknya HDD memakai piringan cakram serta informasi diproses dengan sistem mekanik.

3. Dari Kecepatan Proses Data

Kecepatan pemrosesan data pada SSD serta HDD sangat berbeda jauh, SSD mempunyai kecepatan baca tulis 25 sampai 100 kali lipat dari HDD. Dengan kecepatan yang semacam itu hendak mempermudah dalam berbagai hal kayak membuka suatu program serta perihal yang lain.

Baca Juga :   Cek Laptop Bekas, Begini Caranya!

4. Dari Konsumsi Energi

Kita ketahui kalau SSD tidak butuh menggunakan operasi mekanik sehingga pemrosesan data tidak butuh memerlukan banyak daya listrik. Sebaliknya HDD memakai operasi mekanik sehingga lebih boros daya listrik.

5. Kapasitas HDD dan SSD

SSD mempunyai kapasitas lebih kecil dari HDD, umumnya laptop ataupun pc yang mengenakan SSD memiliki kapasitas kurang lebih 128 GB sampai 256 GB. sebaliknya HDD mempunyai kapasitas lebih besar dibandingkan SSD.

Namun kalian dapat mempunyai SSD dengan kapasitas lebih besar lagi namun wajib mengeluarkan biaya ekstra lagi, sebab harga SSD lebih mahal dari harga HDD.

6. Batasan Umur HDD dan SSD

SSD mempunyai batasan usia sebab tiap kali menulis data, SSD hendak hadapi penurunan kualitas. Namun SSD memiliki teknologi yang dapat memperbaharui sistem yang usang tiap kali hendak memproses data. Sehingga perkiraan SSD mempunyai batasan usia dekat 10 tahun. HDD pula mempunyai batasan usia pula ketika memproses informasi, serta ditaksir batasan usia HDD kurang lebih 3 sampai 5 tahun saja.

7. Kenyamanan HDD dan SSD

SSD memproses informasi dengan sistem digital sehingga kala laptop memproses informasi tidak bakal mengeluarkan suara berisik. Serta sistem digital tidak mempunyai pergerakan sehingga laptop tidak bakal gampang panas ataupun overheat.

Sebaliknya bila menggunakan HDD yang memakai sistem mekanik dengan piringan cakram bergerak, pada saat memproses data pada laptop ataupun pc bakal mengeluarkan suara yang berisik serta lama kelamaan akan overheat.

Sesungguhnya memakai SSD jauh lebih cepat serta nyaman namun SSD mempunyai harga yang lebih mahal daripada HDD. Sebaliknya HDD harga lebih murah namun pemrosesan datanya lebih lelet daripada SSD.

Bila cuma buat keperluan yang biasa kalian dapat menggunakan HDD namun bila buat keperluan yang produktif hendaknya memakai SSD supaya tidak terjadi permasalahan. Ataupun kalian dapat mengkombinasikan keduanya ialah SSD buat sistem serta HDD buat penyimpanan data- data.

Baca Juga :   Harga Keyboard Asus X441N

Seperti itu sebagian perbedaan laptop SSD dan laptop HDD. Jika kamu mau menjual laptop bekas bisa hubungi kami di nomor 085333222881 atau kunjungi situs laptopmati.id.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *